Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Kapalkan Perdana Komoditas Perikanan

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sukses melakukan handling reefer (pengapalan dengan mesin pendingain) perdana komoditas hasil perikanan dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual, Provinsi Maluku, bekerja sama dengan PT Perikanan Nusantara (Persero).
RTG Pelindo IV/istimewa
RTG Pelindo IV/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sukses melakukan handling reefer (pengapalan dengan mesin pendingain) perdana komoditas hasil perikanan dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual, Provinsi Maluku, bekerja sama dengan PT Perikanan Nusantara (Persero).

Pengapalan handling reefer  perdana  di PPN Tual yang dilaksanakan pada Kamis (22/3/2018) ini adalah yang pertama kalinya sejak PPN Tual dibangun. Pada tahap awal handling reefer dilakukan untuk kebutuhan domestik dan akan dilanjutkan dengan  program ekspor langsung sebagaimana  yang telah dijalankan di pelabuhan lain.

Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung mengatakan untuk suksesnya kegiatan ekspo langsung ikan tersebut, pihaknya telah menyiapkan Pelayanan Satu Atap untuk proses ekspor di Kantor Pelabuhan Cabang Ambon.

“Untuk akselerasi ekspor ikan, akan ditunjang dengan fasilitas yang diperlukan, baik di Pelabuhan Umum Tual maupun di PPN Tual", kata Doso Agung melalui siaran pers-nya hari ini Jumat (23/3/2018).

Doso menyebut bahwa status ekspor produk perikanan yang dilakukan dari Tual, semuanya memang dikeluarkan oleh Pelabuhan Ambon.

Pengapalan perdana produk perikanan dari Pelabuhan Tual ini, juga dihadiri dan disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Sjarief Widjaja, Direktur Utama PT Perikanan Nusantara, Dendy Anggi Gumilang bersama Plt Wali KotaTual, Abdul Hamid Rahayaan, Riman S. Duyo/Direktur Operasi & Komersial, Adi Novi/GM Pelindo4 Cab Ambon, Ronald/GM Perinus Ambon, ini juga bertepatan dengan Kunjungan Kerja Menteri Kelautan dan Perikanan di Kota Tual, Maluku pada hari ini [Kamis].

Selain menyaksikan langsung pengapalan perdana komoditas perikanan, dalam kunjungan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga melakukan dialog langsung dengan nelayan setempat.

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan juga menyerahkan bantuan kepada nelayan setempat berupa, kapal penangkapan ikan, alat penangkapan ikan ramah lingkungan, premi asuransi dan klaim asuransi nelayan, serta permodalan nelayan.

Juga dilakukan peninjauan langsung fasilitas dan aktivitas di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual.

Diharapkan, dengan bantuan pemerintah yang diberikan kepada para nelayan, produksi ikan tangkap dari Tual semakin berlimpah, sehingga produk ekspor perikanan dari wilayah ini juga semakin meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper