Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumbawa Ingin Jadi Penghasil Bibit Bawang Merah di Indonesia Timur

Pertanian hortikultura nampaknya menjadi salah satu target Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa untuk memanfaatkan areal tanamnya. Sebelumnya Kabupaten Sumbawa fokus pada pengembangan tanaman pangan seperti jagung dan padi.

Bisnis.com, SUMBAWA -- Pertanian hortikultura nampaknya menjadi salah satu target Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa untuk memanfaatkan areal tanamnya. Sebelumnya Kabupaten Sumbawa fokus pada pengembangan tanaman pangan seperti jagung dan padi.

Kepala Dinas Pertanian Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) Tarunawan mengatakan dua komoditas hortikultura yaitu bawang merah dan bawang putih ditargetkan akan dijadikan komoditas unggulan daerah tersebut.

"Awalnya di sini hanya untuk tanaman pangan, padi, jagung dan kedelai. Sekarang mau beralih ke pengembangan hortikultura khususnya bawang merah dan bawang putih," ujarnya saat ditemui di kantornya di Sumbawa Besar, Senin (19/3/2018).

Tarunawan menerangkan pengembangan bawang merah sudah dimulai. Sumbawa memiliki areal tanam seluas 3.000 hektare (ha) untuk komoditas pangan ini.

Sementara itu, pengembangan bawang putih baru akan dilakukan sejak tahun ini. Untuk pilot project pengembangan pertanian bawang putih, Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa telah menyiapkan areal seluas 100 ha untuk ditanami komoditas tersebut.

Program ini diharapkan dapat meraih hasil maksimal. Dia bahkan berharap Kabupaten Sumbawa bisa menjadi salah satu penghasil bibit bawang merah di kawasan Indonesia Timur pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper