Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Sumbawa Nikmati Jaringan Program USO XL Axiata

PT XL Axiata Tbk telah mengoperasikan semua jaringan telekomunikasi universal service obligation atau USO yang tersebar di 40 lokasi, di antaranya di Pulau Sumbawa.
Seorang karyawan sedang memasang BTS USO di Sumbawa.
Seorang karyawan sedang memasang BTS USO di Sumbawa.

Kabar24.com, DENPASAR--PT XL Axiata Tbk telah mengoperasikan semua jaringan telekomunikasi universal service obligation atau USO yang tersebar di 40 lokasi, di antaranya di Pulau Sumbawa.

Warga di sekitar lokasi jaringan baru ini sudah bisa memanfaatkan keberadaan layanan telekomunikasi tersebut sejak Januari 2018 lalu untuk mendukung berbagai aktivitas. Di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terdapat 6 lokasi BTS program USO dari XL Axiata yang dibangun di Pulau Sumbawa yakni di di Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Bima.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan pembangunan jaringan melalui program USO di daerah terpencil yang selama ini belum terjangkau layanan telekomunikasi dasar diharapkan bisa mendorong pembanguan yang dilakukan pemda.

“Kami bangga bisa membangun dan ikut memajukan wilayah Sumbawa dan NTB dengan menempatkan BTS USO di 5 titik. Kami berharap, masyarakat di sekitar BTS-BTS USO yang baru ini bisa memanfaatkan sarana telekomunikasi secara bijak dan maksimal,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (12/3/2018).

Menurut Yessie XL Axiata memiliki visi yang sejalan dengan pemerintah dalam menyediakan jaringan telekomunikasi dan data/internet sehingga masyarakat di daerah-daerah terpencil segera dapat memanfaatkannya untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain, sekaligus mempercepat pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah.

Bupati Sumbawa Barat W. Musyafirin mengatakan masyarakat diharapkan ikut menjaga fasilitas yang sudah dibangun dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang peningkatan ekonomi.

Kata dia sarana telekomunikasi yang kini menjangkau desa-desa itu telah dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung aktivitas ekonomi, pertanian, perdagangan, juga pendidikan.

Dia menyebut, kini masyarakat desa bisa berkomunikasi dengan pembeli hasil bumi mereka yang berada di luar daerah guna mendapatkan harga yang bagus.

“Sebelumnya, masyarakat masih harus datang dan membawa dagangannya ke kota terdekat untuk menjual hasil buminya. Selain itu, masyarakat juga bisa berkomunikasi secara intens dengan keluarga mereka yang berada di luar Sumbawa,” tuturnya.

Sejak beroperasinya jaringan USO di enam lokasi di Pulau Sumbawa, sekitar 3.000 pelanggan baru telah memanfaatkan layanan jaringan ini. Di Kabupaten Bima, BTS program USO berada di Desa Kawuwu, Kecamatan Palibela. Di Kabupaten Sumbawa Barat berada di Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang. BTS lainnya berada di Kabupaten Sumbawa, yaitu Desa Lebangkar, Desa Ranan, dan Desa Lawin yang sama-sama berada di Kecapatan Ropang. Satu BTS lagi berada di Desa Lebin, Kecamatan Leangguar.

Semua lokasi program BTS USO tersebut berada di daerah yang termasuk kategori terpencil. Jarak tempuh dari ibu kota kabupaten rata-rata lebih dari 45 km dan perlu lebih dari 3 jam untuk mencapai lokasi. Kondisi jalan darat menuju lokasi berupa jalan aspal yang minim dan sebagian besar berupa jalan tanah dan batu. Sementara itu, jarak dari Mataram, Ibu Kota Provinsi NTB, antara 115 km hingga 295km.

BTS program USO di setiap lokasi tersebut dilengkapi dengan menara antena setinggi 30 meter untuk memancarkan sinyal ke handphone warga. BTS ini memiliki daya jangkau sinyal dengan kualitas yang baik bisa sampai radius 1 km. Sementara itu, untuk koneksi ke jaringan XL Axiata, site tersebut menggunakan koneksi melalui satelit. Sebuah parabola berukuran sedang menjadi perangkat untuk menghubungkan site tersebut dengan jaringan XL Axiata. Sebagai sumber energi untuk menghidupkan semua perangkat tersebut, digunakan listrik yang berasal dari tenaga matahari atau solar cell.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper