6 Menara XL Axiata Gaet 3.000 Pelanggan Baru

Sholahuddin Al Ayyubi
Senin, 12 Maret 2018 | 14:31 WIB
ilustrasi/Antara
ilustrasi/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT XL Axiata Tbk berhasil mendapatkan 3.000 pelanggan baru setelah menancapkan 6 Base Transceiver Station (BTS) melalui Program Universal Service Obligation (USO) di Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Yessie D Yosetya , Direktur Teknologi XL Axiata, mengemukakan XL Axiata telah melaksanakan proyek pembangunan infrastruktur jaringan melalui program USO berdasarkan penunjukkan dari Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) serta Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Menurutnya, XL Axiata menyambut baik penunjukan tersebut karena lokasi yang ditentukan sesuai dengan rencana perusahaan dalam membangun dan memperluas cakupan jaringan di masa mendatang sehingga dapat melayani masyarakat secara lebih luas termasuk di daerah baru yang relatif terpencil.‎

"Suatu kebanggaan tersendiri bagi XL Axiata untuk secara aktif mendukung pemerintah melakukan upaya pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi termasuk  pembangunan jaringan melalui program USO di daerah-daerah terpencil yang selama ini belum terjangkau layanan telekomunikasi dasar," tuturnya hari ini  Senin (12/3/2018).

Dia menjelaskan BTS program USO di setiap lokasi tersebut kini dilengkapi dengan menara antena setinggi 30 meter untuk memancarkan sinyal ke ponsel masyarakat. Menurutnya, BTS itu juga memiliki daya jangkau sinyal dengan kualitas yang baik bisa sampai radius 1 km.  

Selain itu, dia mengatakan untuk koneksi ke jaringan XL , site tersebut akan menggunakan koneksi melalui satelit dan sebuah parabola berukuran sedang menjadi perangkat untuk menghubungkan site tersebut dengan jaringan XL Axiata.  Menurutnya, sebagai sumber energi menghidupkan semua perangkat tersebut, digunakan listrik yang berasal dari tenaga matahari atau solar cell.

"Ini juga menjadi ‎kebanggaan bagi kami bisa terus membangun dan ikut memajukan wilayah NTB dan wilayah Sumbawa pada khususnya dengan menempatkan BTS USO di 5 titik. Kami berharap, masyarakat di sekitar BTS-BTS USO yang baru ini bisa memanfaatkan sarana telekomunikasi secara bijak dan maksimal," katanya.

Menurutnya, XL Axiata memiliki visi yang sejalan dengan pemerintah dalam menyediakan jaringan telekomunikasi dan data maupun internet sehingga masyarakat di daerah-daerah terpencil segera dapat memanfaatkannya untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain, sekaligus mempercepat pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah.

"Sejak jaringan USO di enam lokasi di Sumbawa itu beroperasi, kini sekitar 3.000 pelanggan baru telah memanfaatkannya. Di Kabupaten Bima, BTS program USO berada di Desa Kawuwu, Kecamatan Palibela. Di Kabupaten Sumbawa Barat berada di Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang. BTS lainnya berada di Kabupaten Sumbawa, yaitu Desa Lebangkar, Desa Ranan, dan Desa Lawin yang sama-sama berada di Kecapatan Ropang. Satu BTS lagi berada di Desa Lebin, Kecamatan Leangguar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper