Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Kaltim : Simulasi Operasi Anti Money Politic Digelar

Jelang pilkada Kaltim 2018, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kaltim memastikan telah membentuk Satuan Tugas Money Politik, Selasa (6/2). Satgas sengaja dibentuk untuk menindak pasangan calon maupun kelompok pendukung yang kedapatan atau diduga membagikan uang kepada masyarakat untuk memengaruhi hak suara.
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Jelang pilkada Kaltim 2018, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kaltim memastikan telah membentuk Satuan Tugas Money Politik, Selasa (6/2). Satgas sengaja dibentuk untuk menindak pasangan calon maupun kelompok pendukung yang kedapatan atau diduga membagikan uang kepada masyarakat untuk memengaruhi hak suara.

Selain rapat kerja teknis, simulasi anti money politik turut digelar di ruang Mahakam Polda Kaltim, siang tadi. Tampak hadir seluruh kepala dan penyidik satuan reserse kriminal Polres se-Kaltimra. Simulasi guna mendeteksi adanya tindak pidana selama pilkada berlangsung di wilayah hukum Polda Kaltim yang mencakup Kalimantan Utara.

Direktur Reskrimum Kombes Pol Hilman didampingi Kabid Humas Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan penting dilakukan simulasi untuk meningkatkan pemahaman dalam proses penyidikan dan penindakan.

“Untuk menghadapi pilkada ini kita harus siap mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang ada. Jangan sampai kecolongan. Lakukan koordinasi serta komunikasi yang baik,” jelas perwira berpangkat tiga melati ini.

Pihaknya optimistis hadirnya Satgas mampu meminimalkan munculnya politik uang selama momentum pilkada. “Bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab jangan sampai memanfaatkan situasi pilkada ini,” tegasnya.

Pihaknya optimistis hadirnya Satgas dapat meminimalkan selama momentum pilkada berlangsung. Sebelumnya Satgas serupa sudah pernah diterjunkan pada saat momentum pemilihan kepala daerah 2015 dan 2016. Kala itu, satgas terbukti mampu menangkap aparat, penyelenggara pemilu dan masyarakat yang menggunakan uang guna memenangkan salah satu pasangan calon kepala daerah‎.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fariz Fadhillah
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper