Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surplus Daya, PLN Kalimantan Jual Listrik ke Perusahaan

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero berencana melakukan penjualan listrik di Sistem Mahakam mengingat adanya surplus daya di 3 kota dan 1 kabupaten wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra).
Teknisi melakukan penggantian kabel listrik/ANTARA-Didik Suhartono
Teknisi melakukan penggantian kabel listrik/ANTARA-Didik Suhartono

Bisnis.com, BALIKPAPAN – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero berencana melakukan penjualan listrik di Sistem Mahakam mengingat adanya surplus daya di 3 kota dan 1 kabupaten wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra). 

Kepastian ini disampaikan oleh Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Kaltimra, Wijayanto Nugroho. 

Ia  mengatakan, pihaknya akan melakukan strategi marketing yang massif dan menyasar ke pelanggan besar seperti perusahaan atau korporasi.

"Selain peningkatan penjualan, keandalan jaringan juga ditingkatkan untuk meminimalkan pemadaman di tahun ini," kata Wijayanto, Kamis (25/1).

"Bisa pelanggan rasakan di awal Januari ini sangat minim pemadaman," lanjutnya. Meski tak memerinci jumlah, ia melaporkan jika pemadaman listrik yang terjadi di Januari 2018 ini terbilang minim dibanding Desember 2017 silam. 

Adapun surplus daya di Sistem Mahakam sebesar 200 MW dengan beban puncak 380 MW.  Sedangkan daya mampu mencapai 590 MW. Itu dialirkan ke pelanggan di Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Kutai Kartanegara.

Sebagai gambara, untuk jumlah pelanggan di Kaltimra saat ini 1.032.901 sambungan baik untuk rumah tangga maupun korporasi. 

“Di 2018 ini kita berupaya meningkatkan jumlah pelanggan," tukasnya.

Salah satu strategi yang dilakukan dengan membuka meja informasi dan pendaftaran di pusat-pusat keramaian. 

Sedangkan untuk menyasar pelanggan besar dilakukan gerakan jemput bola ke wilayah yang banyak berdiri perusahaan seperti Handil di Kutai Kartanegara  dan Batakan di Balikpapan Timur. 

“Sebesar-besarnya kita jual karena untuk apa surplus listrik kalau tidak disalurkan," ucapnya.

Jualan listrik yang dilakukan, paparnya, lebih menyasar pelanggan besar yakni berkisar 80 persen. Sementara sisanya  untuk pelanggan rumah tangga. 

Manager Bidang Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah Kaltimra Leonardo Buntoro menambahkan, ke depan pemasangan listrik dijamin akan  lebih mudah dan cepat. Kondisi ini berbeda sekali pada tahun-tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fariz Fadhillah
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper