MUDIK LEBARAN 2017: Pelindo Prediksi Akhir Pekan Puncak Arus Balik

Oleh: News Writer 30 Juni 2017 | 05:59 WIB

Bisnis.com, SURABAYA--PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak Surabaya memperkirakan gelombang arus balik melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mulai terjadi pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7/2017).

"Bisa jadi penumpang mulai berdatangan pada hari Sabtu dan Minggu besok, karena hari Senin mereka mulai masuk kerja," kata Asisten Manajer Terminal Penumpang dan Roll On - Roll Off (Roro) PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya Pitria Kartikasari, saat dikonfirmasi Kamis. (29/6/2017)

Namun, lanjut dia, gelombang arus balik pada akhir pekan besok jumlahnya belum terlalu signifikan.

"Mungkin jumlah penumpang pada akhir pekan besok hanya berkisar seratusan saja," kata Pitria.

Mengacu pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menurut dia, arus balik di Pelabuhan Tanjung Perak terbesar justru terjadi setelah H+15 lebaran.

Kalau tahun lalu, puncak arus balik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya malah terjadi pada H+20 lebaran.

PT Pelindo III mencatat jumlah pemudik menggunakan angkutan laut yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya selama musim arus mudik tahun ini sebanyak 75.237 orang.

"Itu kami catat mulai H-15 hingga hari lebaran kedua, tanggal 26 Juni," ucap Pitria.

PT Pelindo III juga mencatat jumlah kedatangan penumpang selama arus mudik terbesar terjadi pada 24 Juni, atau H-1 lebaran.

"Seharian pada tanggal 24 Juni itu kedatangan penumpang mencapai sebanyak 11.486 orang," ujarnya.

Selanjutnya semenjak hari "H" lebaran hingga Kamis (29/6) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tampak lengang dari aktivitas pemudik.

"Kami kini bersiap untuk melayani arus balik yang kemungkinan baru terlihat pada akhir pekan, sabtu dan Minggu besok," kata Pitria.

Sumber : Antara

Editor: News Editor

Berita Terkini Lainnya